Laman

Jumat, 21 September 2012


Analisa Karya Seni Terapan Mancanegara
By: Edlin Prajnajaya / 13 / XI IPA 1

1. Restoran Cina

Desain Interior restoran ini dipengaruhi oleh kebudayaan Cina. Terlihat Plafon membentuk pola pola, membagi persegi menjadi empat bagian dan persegi tersebut terisi oleh persegi yang ujungnya tidak bersentuhan. Pola pola seperti itu umumnya digunakan oleh Cina dalam bangunan bangunan dan ukiran sebagai garis hias. Seperti dalam desain brosur dan lain lain, banyak juga yang memakai pola seperti itu.





Selain itu, meja bundar juga menunjukan ciri khas meja makan Cina. Menurut fengshui, meja makan bundar digunakan untuk orang makmur agar energi keluarga saling mengalir. Pot tanaman Bonsai yang bertuliskan tulisan Cina juga memberikan kesan khas Cina. Penggunaan kaca di tiap pondasi juga memiliki hubungan dengan fengshui Cina. Cermin melambangkan penggandaan kekayaan keluarga. Kursi yang desain kakinya melengkung juga merupakan kursi khas Cina. Selain itu tradisi Cina yang kuat dapat terlihat dari warna. Warna dominan yang digunakan adalah merah. Karpet alas maupun taplak meja berwarna merah, ini melambangkan keberuntungan.


2. Lonceng

Longceng tersebut dipengaruhi budaya Cina. Lonceng tersebut memiliki banyak tulisan tulisan Cina, bentuknya tidak seperti stupa, tetapi seperti bunga.


Dari sisi patung Buddha, terlihat jelas bahwa Buddha tersebut membawa banyak ornamen yang merupakan ciri khas khusus patung Buddha Cina. Pada aliran Buddha di India, Buddha tidak memakai ornamen ornamen lain. Juga terlihat dari gaya rambut dan muka.  Patung Buddha di Cina memiliki gaya rambut lain dengan yang di India, yang di India terlihat ikal ikalan bulat-bulat, yang Cina juga demikian tapi tidak terlalu kelihatan dan lebih terkesan renggang. Dari segi muka, yang di Cina terlihat lebih berisi dan yang di India terlihat kurang berisi. Ini berhubungan dengan jalur sejarah penyebaran agama Buddha.

Terdapat uang emas cina di puncak lonceng.

Naga juga memperjelas bahwa longceng tersebut telah terpengaruh budaya Cina, yang di pakai adalah naga Cina dan bukan naga barat.

Perbedaan naga tersebut adalah dari kakinya dan sayapnya. Naga Cina tidak memiliki sayap.


Penulis bersedia menerima kritik dan saran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar